Cara Merawat HP agar Awet Bertahun-Tahun

Di era digital seperti saat ini, penting bagi Anda untuk mengetahui cara merawat HP dengan benar agar bisa awet bertahun-tahun. Sebab, ponsel sama halnya seperti kebutuhan primer, digunakan setiap hari.

Penggunaan ponsel yang terlalu sering akan menyebabkannya mudah rusak, apalagi bila Anda tidak rajin merawatnya. Sebaiknya, lakukan pengecekan secara rutin baik pada fisik maupun system untuk mencegah terjadinya kerusakan.

Antara lain seperti keretakan pada layar, system operasi mulai lambat, boros baterai dan masih banyak lagi. Tidak ada jaminan bahwa HP dengan harga mahal lebih awet dibandingkan yang harganya murah.

Cara Merawat HP yang Benar

Performa HP akan menurun seiring berjalannya waktu bila digunakan terlalu sering. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara merawatnya agar awet dan bisa digunakan bertahun-tahun.

  1. Lindungi dengan case dan screen protector

Langkah pertama yang bisa dilakukan untuk merawat HP Anda adalah gunakan case dan screen protector. Kedua benda ini akan mampu melindungi ponsel Anda dari goresan serta benturan keras.

  1. Isi daya sesuai dengan kebutuhan

Mungkin sebagian orang mengira bahwa, dalam mengisi daya baterai paling baik harus mencapai 100 persen, agar dapat bertahan lebih lama. Padahal anggapan itu adalah salah.

Sebab, baterai HP berbahan dasar lithium ion, kapasitasnya akan menurun bila mendapatkan tegangan tinggi. Bila lapisan itu terus mendapat arus listrik, hal itu bisa memicu baterai menjadi tidak stabil.

Jadi sebaiknya, lakukan pengisian daya antara 30 hingga 80 persen, agar voltase baterai tetap rendah. Dengan begitu, nantinya ponsel Anda akan menjadi lebih awet dan tahan lama.

  1. Jangan mengisi daya saat baterai 0 persen

Hindari mengisi daya ketika baterai sudah mencapai 0 persen. Sebab, tegangan menjadi semakin bertambah hingga menyebabkan baterai tertekan. Hal itu membuatnya jadi cepat rusak. Usahakan isi daya sebelum 0 persen.

  1. Jangan digunakan ketika sedang mengisi daya

Bermain HP pada saat melakukan pengisian daya merupakan hal yang paling sering dilakukan oleh sebagian besar orang. Ini adalah perbuatan yang sebaiknya harus Anda hindari.

Sebab, bila Anda menggunakan ponsel ketika mengisi daya, hal itu akan menyebabkan baterai menjadi cepat drop. Selain itu, akan lebih mudah menggelembung bila beban daya terlalu besar saat di charge.

  1. Gunakan charger yang asli

Selanjutnya cara merawat HP yang tak kalah penting adalah menggunakan charger original. Hindari menggunakan barang KW atau abal-abal berkualitas rendah yang belum tentu cocok dengan spesifikasi baterai.

Penggunaan powerbank dalam pengisian daya juga tidak dianjurkan bila terlalu sering. Sebab, panas dari powerbank dapat menyebabkan kerusakan. Sebenarnya boleh asal tidak sering, Anda bisa menggunakannya hanya dalam kondisi mendesak.

  1. Hapus aplikasi yang jarang digunakan

HP Anda pasti pernah mengalami slowrespon ketika membuka aplikasi. Hal itu disebabkan karena ada beberapa aplikasi yang memakan RAM dan CPU cukup besar. Akibatnya, kinerja ponsel menjadi lebih cepat menurun.

Itu berarti Anda harus menghapus aplikasi yang tidak penting atau jarang digunakan. Perhatikan juga kapasitas dari ROM, RAM dan juga chipset, jangan sampai memenuhi ruang.

  1. Rutin bersihkan HP dari debu

Dalam melakukan segala aktifitas, Anda pasti tak pernah lepas dari HP. Hal itu akan menyebabkan debu mudah sekali menempel. Debu yang mengendap terlalu lama, akan membuat perangkat lebih cepat panas.

Jadi harus sering dibersihkan. Untuk pembersihannya tidak masalah menggunakan lap apa saja. Asal jangan menggunakan tisu, sebab serat-seratnya bisa tertinggal di dalam HP. Paling baik gunakan lap kacamata atau microfiber.

  1. Matikan ketika tidak digunakan

Sama seperti manusia, HP juga membutuhkan istirahat. Daya ponsel akan terkuras apabila sering digunakan apalagi diforsir. Matikan bila memang tidak dibutuhkan. Hal itu akan membantu mendinginkan komponen penting di dalamnya.

Saat ini, HP memang sudah menjadi barang penting bagi sebagian besar orang. Namun, jangan hanya pandai dalam menggunakannya saja. Anda juga harus paham bagaimana cara merawat HP dengan baik itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *