Manfaat Daun Sirih untuk Kecantikan Kulit Wajah

Daun sirih merupakan tanaman asli Indonesia merambat pada batang pohon lain dan mempunyai aroma khas. Daun sirih dimanfaatkan sebagai antisariawan, antibatuk, astringent, dan antiseptik.

Mengutip dari Wikipedia, daun sirih punya kandungan minyak atsiri, seskuiterpen, pati, diatase, gula, zat samak dan kavikol. Sederet zat selanjutnya mempunyai kekuatan mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, serta anti jamur.

Manfaat Daun Sirih untuk Kecantikan Kulit Wajah

Selain itu, persentase lain didalam tanaman sirih adalah saponin, flavonoid, dan polifenol. Senyawa saponin bisa bekerja sebagai antimikroba di mana bisa mencegah perkembangan bakteri. Kandungan minyak astari mempunyai kekuatan sebagai antiseptik, sehingga bisa mengobati jerawat meradang.

Oleh gara-gara itu, daun sirih terhitung mempunyai khasiat untuk melindungi kecantikan kulit wajah. Situs berita online indonesia merangkum sejumlah fungsi dan langkah penggunaan daun sirih bagi kecantikan kulit wajah:

Memudarkan flek hitam

Daun sirih dipercaya bisa memudarkan flek hitam. Hal ini disebabkan ada persentase senyawa dari daun sirih bisa meratakan warna kulit.

Mencegah komedo

Manfaat daun sirih lainnya yakni bisa mencegah timbulnya komedo. Jika anda mempunyai persoalan muka komedo, langkah ini bisa anda coba. Rebus daun sirih. Lalu, dinginkan air rebusan tersebut, manfaatkan handuk bersih dan rebusan daun sirih dingin untuk membasuh muka anda. Hasilnya komedo bakal terlihat bersama sendirinya tanpa harus anda pencet komedo bersama tangan.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Sabun Wajah Pria untuk Kulit Berminyak dan Berjerawat

Menyembuhkan jerawat meradang

Melansir dari nose.co.id, Daun sirih bisa mengobati jerawat meradang. Terdapat persentase senyawa anti-inflamasi, bisa meredakan, mengempiskan, dan mengobati peradangan pada jerawat. Selain itu, Daun sirih terhitung punya kandungan minyak esensial, di mana minyak esensial selanjutnya bakal menopang mendinginkan kulit dan menenangkan jerawat membengkak.

Namun, untuk tipe muka peka disarankan untuk tidak manfaatkan daun sirih didalam penyembuhan ini gara-gara pH terdapat berbeda.Caranya, haluskan daun sirih, selanjutnya usapkan secara merata pada bagian jerawat meradang.

Mengecilkan pori-pori muka

Senyawa antiseptik terdapat pada daun sirih, bisa menyebabkan pori-pori muka mengecil.

Mengobati gatal pada kulit

Air rebusan daun sirih bisa mengobati sekaligus meredakan ruam dan gatal pada wajah. Caranya rebus daun sirih dan diamkan air rebusan daun sirih sepanjang satu hari. Lalu manfaatkan untuk membasuh muka di pagi hari.

Mengeringkan luka pada wajah

Kandungan senyawa dimiliki daun sirih layaknya anti-inflamasi dan antibiotik bisa terhitung mengeringkan luka diakibatkan jerawat dipencet sembarangan, tergores dan sebagainya.

Mencerahkan muka kusam

Air rebusan daun sirih masih muda bisa menopang mencerahkan muka kusam secara alami. Caranya, cuci muka bersama air rebusan daun sirih secara teratur tidak cukup lebih sepanjang 1 bulan dan lihat hasilnya.

Nah, ternyata fungsi daun sirih untuk kecantikan kulit muka banyak sekali, ya Moms. Ingat! anda mempunyai muka peka jangan disarankan untuk tidak kenakan daun sirih. Jika persoalan kulit anda belum membaik, langsung konsultasi bersama dokter kecantikan. Tertarik mencobanya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *